Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Cara Memelihara Dan Meningkatkan Kinerja Performa Komputer Ataupun Laptop

Cara Memelihara Dan Meningkatkan Kinerja Performa Komputer Ataupun Laptop

Cara Memelihara Dan Meningkatkan Kinerja Performa Komputer Ataupun Laptop



Ketika performa komputer / laptop kita turun, rasa kesal dan kecewa pasti menyelimuti. Mau mengerjakan aktifitas seperti biasa pasti banyak kendala.

Special hari ini,Kami kasih Tips bagaimana," Cara Memelihara Dan Meningkatkan Kinerja Performa Komputer Ataupun Laptop " biar selalu On The Top.


Perihal Yang Harus Diperhatikan :



Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk

Menambah kapasitas RAM dan hardisk merupakan solusi yang paling mudah, namun membutuhkan biaya yang cukup lumayan untuk membeli RAM dan hardisk. Menambah kapasitas RAM sangat berguna untuk keperluan multitasking. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.



Pastikan harddisk Anda terdapat ruang kosong minimal 10% dari kapasitas harddisk Anda.

Jika kapasitas harddisk Anda full, Anda mungkin akan menghapus file-file yang tidak penting. Tapi bagaimana jika file itu penting? Saya sarankan anda memperbesar kapasitas harddisk. Jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya Anda membeli SSD karena performanya lebih cepat dari harddisk.


Uninstall Program Yang Tidak Digunakan


Terlalu banyak program/software yang terinstall, berdampak buruk performa komputer/laptop Anda. Uninstall program yang tidak penting/tidak digunakan dari komputer/laptop Anda.

Untuk uninstall program, Anda bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/tidak penting.



Install Antivirus


Pastikan komputer/laptop Anda sudah terinstall antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data/file kita. Selain itu Anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer/laptop Anda.



Mengatur Program yang Berjalan Pada Startup


Mengatur program yang berjalan pada startup mampu meminimalkan laptop anda dari hang/lemot. Terlalu banyak program yang berjalan pada startup (pada saat komputer/laptop dinyalakan) mampu memakan banyak kapasitas RAM sehingga mengakibatkan laptop menjadi lemot untuk booting. Untuk itu perlu diatur hanya beberapa program saja yang berjalan. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur program yang berjalan pada startup :



  • Buka aplikasi System Configuration dengan cara Tekan Tombol Windows+R - ketik msconfig - Pilih Startup - lalu disable (hilangkan centang) program-program yang anda rasa kurang begitu dipakai. Unchecklist pada aplikasi yang tidak penting atau memakan resource memory besar.






Azrael Community : Membahas Tentang Tutorial,Software,Image Operating System,Tips n Trik,Mikrotik Dan Permasalahan Dunia Internet serta Jaringan


Custom Virtual Memory



Meskipun perannya tidak sebesar RAM, virtual memory ini dapat membantu meningkatkan kinerja komputer anda. Untuk mengatur seberapa besar virtual memory yang anda gunakan, caranya:



  • Masuk ke Control Panel - System and Security - System atau bisa dengan menekan tombol Windows+Pause Break. Kemudian pilih Advanced system settings.






  • Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.






  • Pindahkan lagi ke tab Advanced, kemudian pilih Change pada menu Virtual memory.







  • Uncheck Automatically manage paging file size for all drives. Kemudian pilih Custom size dan tentukan berapa besar jumlah memory virtual yang di inginkan. Setelah itu pilih Set, kemudian pilih OK.





Meminimalisir Penggunaan Efek Visual dan Tampilan

Meminimalisir efek tampilan windows memang membuat tampilannya menjadi jadul. Namun hal ini terbukti mampu memaksimalkan kinerja komputer menjadi lebih cepat. Semakin banyak efek visual yang digunakan, semakin bagus tampilan dekstop Anda. Dan yang perlu anda garis bawahi, semakin lambat pula kinerja komputer Anda bila terdapat banyak visual efek yang berjalan. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:


  • Masuk ke Control Panel - System and Security - System atau bisa dengan menekan tombol Windows+Pause Break. Kemudian pilih Advanced system settings.







  • Pindah ke tab Advanced, kemudian pilih Settings pada menu Performance.






  • Pada tab Visual Effect, silakan pilih custom dan uncheck efek visual yang tidak diperlukan.





Uncheklist pada fitur yang tidak diperlukan.
  • Pilih Let Windows choose what’s best for my computer, bila Anda ingin windows sendiri yang menentukan efek visual apa saja yang terbaik untuk komputer anda.
  • Pilih Adjust for best appearance, bila Anda ingin dekstop anda dalam tampilan yang paling baik.
  • Pilih Adjust for best performance, bila Anda ingin komputer anda dalam kinerja yang paling baik dan membuat tampilannya menjadi jadul. Opsi ini cocok sekali untuk gaming.
  • Pilih Custom, bila ingin sesuai selera Anda.
Jika sudah klik Ok.



Cleanup Secara Berkala


Melakukan disk cleanup secara berkala pada tiap drive di laptop/komputer mampu menghilangkan/menghapus file-file temporary, file sampah di recycle bin, dan lain-lain. Anda bisa lakukan disk cleanup ini secara manual. Untuk menggunakan tool ini, silakan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.





Defrag Hardisk / SSD


Fragmentasi pada data membuat drive anda bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, anda disarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Anda bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.






Hapus Gadget dan Nonaktifkan Screen Saver


Menonaktifkan screen saver dapat membantu memaksimal performa, gunakan backgorund bawaan windows atau hanya 1 gambar saja. Gadget yang ada di dekstop juga dihapus saja karena tidak terlalu penting, karena akan memperberat RAM. Lakukan juga pembersihan di dalam recycle bin


Tweaking Utilities


Aplikasi/software utilities memang sangat banyak dan dapat membantu meringankan beban laptop/komputer selama dipakai,sehingga mempermudahkan pengguna untuk menggunakannya hanya dalam sekali klik.


Demikianlah untuk tips bagaimana, " Cara Memelihara Dan Meningkatkan Kinerja Performa Komputer Ataupun Laptop ".

Apabila ada pertanyaan,saran dan kritik. Silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan atau bisa langsung menuju ke FansPage Facebook Kami.



Regards,




Azrael Community

Open Comments

2 comments for "Cara Memelihara Dan Meningkatkan Kinerja Performa Komputer Ataupun Laptop"

Keza Felice (Bintang) April 6, 2019 at 8:51 AM Delete Comment
Aku lebih sering ngehapus file yg gak penting dan uninstall hihi. Mau ngotak atik sendiri malah takut makin zonk😂
Azrael Community April 9, 2019 at 10:41 AM Delete Comment
Delete / uninstall file2 ga penting sampai ke akarnya?
Kalau tidak,ntar jadi sampah yang selalu ditimbun. Ujungn2nya bisa jadi malware loh :D

Terima Kasih atas kunjungannya :D