Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Fix HardDisk / SSD / FlashDisk Write Protected

Fix HardDisk / SSD / FlashDisk Write Protected

Mungkin untuk sebagian orang yang terjun di dunia IT, hal seperti ini dianggapnya sepele. Tapi, untuk sebagian orang yang awam di dunia IT, jika dihadapkan dengan permasalahan seperti ini, dipastikan pusing 7 keliling. Kenapa bisa begitu ?

Sebelum kita mengeksekusi sebuah permasalahan yang dihadapi. Mungkin kita sudah berusaha mencari jawaban kesana kemari. Namun, alhasil " ZONK " alias tidak ada jawaban yang pasti.

Sewaktu kemarin ini, salah satu Admin Kami dihadapkan dengan permasalahan SSD yang terkena Write Protected. Beliau mendapat pesan dari rekan kerjanya bahwa di tempat beliau bekerja, salah satu SSD nya tiba-tiba tidak terbaca. Dan ketika akan di format, muncul tulisan " Write Protected ".

Segala cara sudah beliau tempuh. Ketika pada saat titik buntu. Akhirnya permasalahannya teratasi. Kok bisa ?

Inilah cara beliau dalam mengatasi SSD yang terkena Write Protected dan telah Kami rangkum dalam tutorial Fix Hard Disk / SSD / FlashDisk Yang Terkena Write Protected.

1. Buka Dialog Run dengan menekan Windows + R. Kemudian, ketik regedit.

2. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/StorageDevicePolicies. Apabila tidak menemukan StorageDevicePolicies, silahkan sobat buat sendiri dengan mengklik kanan pada bagian Control -- New > Key > StorageDevicePolicies. Klik kanan pada folder StorageDevicePolicies yang tadi dibuat. StorageDevicePolicies, Klik kanan > New > DWORD > WriteProtected > isi dengan Value 0. Agar tidak terlalu pusing dibuatnya, Kami menyederhakannya menjadi :

reg add "HKLM\SYSTEM\ControlSet001\Control\StorageDevicePolicies" /v WriteProtect /t REG_DWORD /d 0 /f

Silahkan sobat Copy dan Paste ke dalam CMD.



3. Buka Dialog CMD dengan akses Administrator. Search CMD > Klik Kanan > Run as Administrator.
Kemudian, ketik diskpart > list disk > select disk x ( x = disk yang akan kita tuju ) > attributes disk clear readonly > exit.

4. Restart PC sobat.

5. Silahkan sobat menuju HardDisk / SSD / FlashDisk yang terkena Write Protected tadi. Apakah masih terkendala atau tidak ?

Apabila masih terkendala, dipastikan HardDisk / SSD / FlashDisk minta untuk diganti alias di lem biru :D.

Demikianlah tutorial sederhana cara Fix Hard Disk / SSD / FlashDisk Yang Terkena Write Protected.

Semua tutorial yang terdapat di dalam artikel ini, ditulis dari sumber pengalaman yang sudah dialami dan bekerja 100%.

Regards,



Azrael Community
Open Comments

Post a Comment for "Fix HardDisk / SSD / FlashDisk Write Protected "